Kamis, 19 Februari 2015

Mantan TKI Mengawali Kesuksesan Bisnis Onlinenya Melalui Social Media Facebook

Produk makanan berupa coklat dan kue kering ( kue lebaran ) merupakan produk pertama kali yang ia pasarkan melalui internet atau secara online. Ia pasarkan produk tersebut menjelang datangnya lebaran... ya sekitar 1-2 bulan sebelum lebaran. Ternyata respon pasar cukup tinggi terhadap produk yang ia pasarkan. Jumlah produk yang terjual lumayan banyak  menurut ukuran dia sebagai pendatang baru di dunia bisnis onlie, padahal penjualannya ia lakukan hanya via facebook.

Mantan TKI Mengawali Kesuksesan Bisnis Onlinenya Melalui Social Media Facebook

Nah yang jadi pertanyaan sekarang adalah bagaimana caranya dia bisa menjualkan produk kue lebaran tersebut dalam jumlah banyak hanya menggunakan social media facebook?

Inilah langkah pertama yang ia lakukan agar bisa menjual barangnya secara online via facebook, yaitu membuat akun facebook. Cukup mudah untuk membuat atau memiliki akun di facebook. Siapkan sebuah email yang masih aktif atau nomor telepon, lalu lakukan pendaftaran atau registrasi di facebook. Isi form yang telah tersedia di halaman pendaftaran facebook.  Hanya dengan beberapa langkah saja, anda sudah bisa mempunyai akun facebook secara gratis seumur hidup.


Setelah akun facebook ia miliki dan mempunyai pertemanan yang cukup banyak, selanjutnya ia membangun toko online hanya dengan menggunakan fasilitas gratisan di facebook yaitu berupa fanpage. Fanpage inilah yang ia gunakan untuk menjajakan barang dagangannya secara online.

Nah bagaimana cara membuat fanpage di facebook? sementara saya sarankan anda untuk browsing dulu ya tentang bagaimana cara membuat, mengelola, dan mengembangkan fanpage dengan baik. Karena saya tidak akan menuliskan cara-caranya disini. Mungkin lain waktu, saya sempatkan menuliskannya di waktu yang akan datang untuk teman-teman semua.


Setelah ia membangun fanpage sebagai tokonya di dunia maya, selanjutnya ia menegelola dan mengembangkannya dengan cara ia aktif dalam memperkenalkan toko onlinenya ke pengguna facebook lainnya dan aktif memprosikan produk atau barang dagangannya melalui media social tersebut. Ia pun gabung dan aktif ke berbagai grup di facebook yang sesuai dengan kategori bidang usaha/bisnis yang sedang ia jalankan.

Dengan melakukan langkah-langkah di atas, usaha atau bisnis yang ia jalankan pun semakin hari semakin berkembang. Dari satu produk yang ia jual, sekarang bertambah menjadi beberapa produk dengan kategori yang berbeda-beda, ada makanan, pakaian, dan ada juga suplemen kesehatan. Omzet penjualanpun semakin hari, semakin meningkat.

Itulah sekilas tentang Kisah Sukses Bisnis Online Seorang Mantan TKI yang berinisial "A" dan mantan TKI tersebut adalah diri saya sendiri, hehehe... Sebenarnya masih banyak yang harus saya tulis lagi disini agar bisa berbagi pengalaman dengan teman-teman semua. Tapi karena keterbatasan waktu, saya tulis secara singkat saja dan sementara saya cukupkan dulu Kisah Sukses Bisnis Online Seorang Mantan TKI ini menjadi 4 bagian:



Sampai disini dulu ya.. ulasan mengenai Kisah Sukses Bisnis Online Seorang Mantan TKI ini. Semoga  bisa menjadi penyemangat dan bermanfaat untuk kita semua. Apapun yang saya ceritakan semata-mata untuk berbagi ilmu dan pengalaman sesuai yang saya miliki. Mungkin bagi anda hal ini adalah hal sepele, namun dari hal yang sepele inilah kita melaluinya untuk menaiki tangga kesuksesan dalam hal apapun, salah satunya meraih kesuksesan dalam berbisnis online. Ingat kesuksesan yang telah kita raih, kita jadikan sebagai awalan untuk meraih kesuksesan selanjutnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar