Rabu, 18 Februari 2015

Lanjutan Kisah Sukses Bisnis Online Seorang Mantan TKI Bagian 3

Alhamdulillah, masih diberi kesempatan untuk melanjutkan tulisan tentang Kisah Sukses Bisnis Online Mantan TKI. Tulisan ini merupakan bagian ketiga dari kisah suksesnya. Bagi teman-teman yang belum mengikuti kisahnya dari awal bisa lihat pada postingan sebelumnya, bagian 1 "Mantan TKI pun Bisa Berbisnis Online" dan bagian 2 "Kisah Sukses Bisnis Online Mantan TKI". Baca ya dari awal biar tahu rangkaian kisahnya..hehehe..

Oke teman-teman.. dilanjut ceritanya ya.. Setelah ia menjalani pekerjaan barunya di tempat pelatihan atau kursus robotic dan pelatihan matematika metode jepang untuk anak-anak selama 3 tahun, ia pun akhirnya memutuskan untuk resign dari pekerjaannya. Ia ingin fokus ke usaha kuenya yang ia jalani bersama istri tercintanya.

Guru Robotic dan Guru Matematika Metode Jepang Menjadi Pedagang Keliling

Guru Robotic dan Guru Matematika Metode Jepang Menjadi Pedagang Keliling

Dengan niatnya yang kuat untuk membangun usaha sendiri, ia pun akhirnya resign dari pekerjaannya. Ia menjalani usaha rumahannnya berupa usaha pembuatan kue bersama istrinya, yang sudah ia rintis saat masih bekerja. Pembuatan kue ia lakukan bersama istrinya, lalu ia titipkan ke warung-warung dan sebagian lagi jual sendiri keliling dari gang ke gang; dari sekolah ke sekolah, dst.

Kalau dihitung-hitung, sebenarnya pendapatan yang didapatkan lebih besar dibandingkan gaji saat ia kerja. Namun demikian, usaha kue yang ia jalankan ini ternyata untungnya yang didapat tidak sebanding dengan tenaga yang dikeluarkan, ya dapat capenya saja. Akhirnya, ia pun mencoba untuk usaha lainnya secara online.


Menjadi pedagang keliling sudah ia rasakan baik suka dan dukanya. Saat panas, ia kepanasan. Saat hujan pun, ia kehujanan. Ya begitulah jadi pedagang keliling. Mengalami kondisi seperti itu, ia merasa ada yang harus diubah. Ia coba untuk berjualan keliling menawarkan produknya tapi via internet, alias jualan online.

Ia merasa jualan keliling via online lebih efektif dan efisien dibandingkan ia harus keluar rumah panas-panasan, hujan-hujanan, dan blusukan untuk jualan keliling. Ia pun akhirnya memilih jualan online, kenapa?

  • Biaya operasional lebih murah
  • Tanpa harus keluar rumah, panas-panasan, hujan-hujanan, terjebak macet, blusukan, dsb.
  • Jangkauan pasar lebih luas
  • Bisa jualan keliling dunia hanya duduk didepan komputer
  • dan berbagai alasan lainnya


Bisnis Onlinenya Berawal dari Facebook

Mantap dengan langkah barunya untuk berjualan online, ia pun mulai menggarap jualannya melalui dunia online. Langkah pertama ia tempuh untuk memulai bisnis onlinenya adalah membuat toko online. Toko online yang ia bangun hanya bermodalkan fanpage yang disediakan oleh media sosial Facebook. Ia bangun dan ia kelola bisnis online melalui media gratisan tersebut.

Produk yang pertama kali ia jual masih yang berkaitan dengan usaha sebelumnya, yaitu kue atau makanan. Ia jual produk coklat. Alhamdulillah, saat musim lebaran penjualan coklat melonjak. Inilah yang menambah semangatnya untuk terus mengembangkan bisnis onlinenya. Ia pun mencoba menjual produk lainnya melalui toko online yang hanya memanfaatkan fanpage facebook tersebut.




Mau tahu produk apa saja yang ia jual melalui toko onlinenya di facebook? dan bagaimana caranya ia berbisnis online hanya memanfaatkan fasilitas gratisan di facebook? Baca terus kelanjutan Kisah Sukses Bisnis Online Seorang Mantan TKI bagian ke 4, selengkapnya baca disini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar