Kamis, 04 Desember 2014

Cara Membuat dan Menyusun Jadwal Promosi Yang Tepat Di Social Media

Membuat dan menyusun jadwal secara tepat diperlukan dalam menjalankan sebuah aktifitas yang rutin. Termasuk mempromosikan produk melalui social media. Di era serba digital seperti sekarang ini, memanfaatkan berbagai macam sosial media untuk mempromosikan sebuah produk maupun jasa tentunya menjadi salah satu cara yang tepat untuk mengoptimalkan omset penjualan. Bila dulunya para pelaku usaha lebih memanfaatkan strategi pemasaran langsung secara offline yang memakan biaya promosi cukup besar untuk memperkenalkan produk-produknya, saat ini mereka mulai menggunakan sosial media online untuk mempromosikan produk ataupun pelayanan jasa yang mereka tawarkan melalui akun  gratis di beberapa situs jejaring sosial. Contohnya saja dengan membuat akun pribadi maupun fanpage di beberapa social media seperti facebook, twitter, google plus, blog, dan lain sebagainya.

Cara Membuat dan Menyusun Jadwal Promosi Yang Tepat Di Social Media

Membuat akun di beberapa media sosial memanglah mudah, namun sampai hari ini masih banyak pelaku usaha yang belum berhasil menjaring calon konsumen melalui media sosial tersebut. Hal ini bisa terjadi disebabkan oleh banyak hal, salah satunya adalah kurangnya komitmen pelaku usaha untuk memposting informasi atau promosi secara rutin. Padahal, informasi atau promosi yang Anda postingkan menjadi alat yang sangat penting untuk menarik minat konsumen. Tidaklah heran bila ketika Anda pasif, maka calon konsumen kurang tertarik untuk bergabung di fanpage Anda dan tentunya strategi promosi yang dijalankan belum bisa berjalan secara optimal.

Oleh karena itu, untuk mengoptimalkan social media sebagai media promosi yang tepat maka perlu kiranya para pelaku usaha membuat dan menyusun jadwal promosi secara rapih dan konsisten untuk menjalankannnya. Berikut ini contoh sederhana untuk menyusun jadwal harian selama satu minggu untuk berpromosi di sosial media supaya penjualan bisa meningkat.


  • Mulai merencanakan dan menyusun informasi penting yang akan Anda postingkan di akun pribadi maupun fanpage yang dimiliki perusahaan Anda. 
  • Dalam hal ini, Anda bisa mempersiapkan tiga informasi menarik yang akan dipublish selama satu minggu kedepan. 
  • Misalnya saja seperti mengatur jadwal posting rutin di hari Senin, Rabu, dan Jumat, serta menentukan topik bahasan yang akan Anda angkat pada pekan ini.
  • Memposting satu informasi menarik yang berhubungan dengan produk maupun bisnis jasa yang sedang Anda jalankan saat ini atau selingi dengan postingan tentang motivasi.


Jadwal Promosi Yang Tepat Di Social Media Untuk Hari Selasa

  • Membalas coment, retweet, message, atau respon lainnya dari para konsumen. 
  • Menjaga dan membangun loyalitas konsumen dengan cara berinteraksi melalui comment, retweet, balasan, atau respon lainnya kepada konsumen Anda.

Jadwal Promosi Yang Tepat Di Social Media Untuk Hari Rabu

  • Memberikan promo menarik untuk memancing respon konsumen. Misalnya saja memberikan diskon khusus bagi para konsumen yang memesan produk di hari Rabu, memberikan gratis ongkos kirim bagi konsumen yang membeli produk di hari tersebut. 
  • Menginformasikan kegiatan promosi yang akan Anda selenggarakan pada pekan ini. Dengan menginformasikan kegiatan promosi yang Anda jalankan, maka konsumen tidak segan-segan untuk segera memesan produk melalui akun Anda atau datang langsung ke tempat promosi yang ditentukan.


Jadwal Promosi Yang Tepat Di Social Media Untuk Hari Kamis

  • Memeriksa akun-akun yang dimiliki dan segera memenuhi kebutuhan yang dicari para konsumen. 
  • Memberikan respon balasan atas komentar-komentar yang disampaikan para konsumen. Dari respon balasan yang Anda berikan, tidak menutup kemungkinan bila salah satunya bisa tertarik untuk membeli produk-produk unggulan yang ditawarkan.


Jadwal Promosi Yang Tepat Di Social Media Untuk Hari Jumat

  • Berbagi tips-tips ringan seputar bisnis yang Anda jalankan. Misalnya saja Anda sedang menekuni bisnis kuliner, maka tidak ada salahnya bila setiap hari jumat Anda berbagi informasi mengenai resep-resep masakan yang bisa dicoba para konsumen dari dapur mereka.
  • Berbagi tulisan motivasi atau tulisan menarik lainnya diluar bisnis anda namun masih berkaitan dengan bisnis anda.


Jadwal Promosi Yang Tepat Di Social Media Untuk Hari Sabtu dan Minggu

  • Pada saat weekend Anda bisa memanfaatkannya untuk berjalan-jalan ke situs online milik tetangga.
  • Melakukan blog walking, Anda bisa mempromosikan link situs Anda kepada khalayak ramai dan bertukar informasi dengan pelaku bisnis online lainnya.
  • Mencari pengetahuan baru tentang bisnis anda dan lakukan sharing dengan sesama pelaku usaha lainnya.
  • Silaturahmi via online

Dengan cara membuat dan menyusun jadwal promosi harian yang tepat, Anda bisa mempromosikan bisnis online secara rutin dan konsistensi Anda dalam mengembangkan bisnis tersebut akan terjaga. Selain itu, konsumen juga tidak cepat bosan dengan penawaran-penawaran yang Anda postingkan, sehingga konsumen mulai berdatangan, dan bisnis Anda bisa menghasilkan omset yang cukup besar. Semoga informasi tips mengenai Cara Membuat dan Menyusun Jadwal Promosi Yang Tepat Di Social Media ini bisa memberikan manfaat bagi para pembaca, khususnya bagi para pelaku bisnis online dalam mempromosikan produk-produknya. Baca juga ya tulisan berikut tentang Bagaimana Menjadi Master Facebook Marketing Dalam Waktu 10 Hari dan dapatkan juga ebook gratisnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar