Kamis, 15 November 2018

Strategi Membangun List Email Marketing

Setelah Anda mempersiapkan alat pendukung email marketing yang sudah dibahas pada postingan sebelumnya, sekarang saat nya Anda bangun email list calon pelanggan Anda. Salah satu strategi membangun list email marketing adalah dengan menggunakan lead magnet. Tujuan menggunakan lead magnet adalah untuk memberikan sesuatu yang bermanfaat kepada pengunjung website secara gratis dengan imbalan mengisi email nya ke optin form (formulir) dari penawaran yang Anda tawarkan.




Lead magnet adalah sebuah penawaran yang diberikan gratis atau sebagai hadiah, bisa juga kupon diskon dengan tujuan agar pengunjung mau memberikan emailnya untuk mendapatkan penawaran tersebut. Lead magnet harus dibuat semenarik mungkin dan lebih spesifik ke target market Anda karena lead magnet harus memberikan solusi yang spesifik dari sebuah masalah yang spesifik juga. Dan lead magnet yang bagus isinya harus mudah di cerna “EASY CONSUME”

Bentuk Lead Magnet Untuk Membangun List Email Marketing

Berikan lead magnet dengan topik yang membahas soal spesifik masalah dari target market Anda. Jangan yang terlalu umum atau general karena value atau nilai nya tidak akan terasa ke target audience.

Sebagai contoh, misal kan Anda ingin mentarget audience dengan category pasar yang membutuhkan “Traffic” (Pengunjung website). Maka lead magnet yang harus Anda bikin adalah:

Contoh:
    “Cara Mendapatkan RIBUAN Traffic dari Youtube Tanpa Bikin Banyak Video”
    “Studi Kasus Closing Ratusan per Hari Hanya Dengan FB Ads”
    “Rahasia Dapat 7500 Pengunjung Setiap Hari Menggunakan Teknik SEO Terbaru”

Bandingkan dengan topik atau bahasan seperti ini:
    "Cara Mendapatkan Traffic ke Website Anda"

Terlalu umum dan tidak memberikan solusi yang spesifik, value nya pun tidak ada

Berikut Bentuk Lead Magnet Untuk Membangun List Email Marketing Anda:

Pertama, Ebook
Tidak perlu panjang - panjang untuk sebuah ebook. Ideal nya antara 4 - 15 halaman saja.Anda bisa menggunakan MS Words, Google doc, PowerPoint, Google Slide lalu di convert menjadi PDF.

Alat tambahan untuk design agar ebook Anda terlihat professional dan memiliki value yang tinggi: 
  • Canva (banner, cover, dll)
  • Draw.io (flow cart)
  • Freemind (mindmap)Video
Kedua, Video
Anda bisa menggunakan camtasia, movavi, snagit, screenflow untuk merekam screen di laptop atau computer Anda.

Ketiga, Kupon Diskon
Anda bisa menggunakan beberapa wordpress plugin berikut ini untuk membuat kupon diskon:
  • Woocommerce 
  • Coupon creator
  • JC coupon
PENTING! Buat beberapa variasi model dari lead magnet untuk melakukan split test agar Anda tahu mana yang paling banyak mendapatkan data email list.

Lakukan split test pada sub kategorinya (ex. Facebook ads, Youtube, Adwords). Dari tiap-tiap sub category tersebut lakukan split test pada: Headline, Image, dan Call to action Button/tombol beli (Posisi, Warna & Text)

Yuk Anda mulai membuat lead magnet dari sekarang, dan kumpulkan email list sebanyak-banyaknya dengan menggunakan strategi membangun list emaill marketing yang anda suka.


Silahkan Baca Juga:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar